12 April 2017

Kemenhan Geser Kementerian PUPR, Anggaran Terbesar 2018

12 April 2017

Pagu indikatif anggaran pertahanan 2018 adalah Rp 106,9 triliun (photo : Viva)

VIVA.co.id – Rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah 2018, membeberkan pagu indikatif 15 kementerian/lembaga yang mendapatkan alokasi dana terbesar untuk tahun anggaran 2018. Porsi terbesar anggaran, diberikan kepada Kementerian Pertahanan, dengan proyeksi sebesar Rp106,9 triliun.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan yang dikutip VIVA.co.id, Rabu 12 April 2017, gelontoran anggaran terbesar kedua diberikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp106 triliun. Sementara itu, posisi selanjutnya, adalah Kepolisian Republik Indonesia sebesar Rp76,5 triliun, dan. Kementerian Agama sebesar Rp63,7 triliun.

Kemudian, Kementerian Kesehatan sebesar Rp60,1 triliun, Kementerian Perhubungan Rp48,5 triliun, Kementerian Keuangan Rp45,7 triliun, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Rp41,2 triliun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rp40,1 triliun, dan Kementerian Pertanian sebesar Rp22,7 triliun.

Sementara itu, lima terakhir, di antaranya adalah Kementerian Sosial Rp22,1 triliun, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rp9,9 triliun, Mahkamah Agung Rp8,3 triliun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rp8,1 triliun, dan terakhir Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp7,3 triliun.

Dalam pagu anggaran APBN 2017, posisi pertama penyelenggara yang mendapatkan alokasi dana terbesar adalah Kementerian PUPR sebesar Rp105,6 triliun. Alasan pemerintah memberikan porsi anggaran terbesar, demi mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun menekankan, belanja modal dan belanja barang tahun depan akan terus dimonitor, demi menjaga efektivitas penggunaan anggaran. Sehingga, tidak ada lagi pemborosan yang bisa mengganggu APBN sebagai instrumen menggenjot pertumbuhan.

(Viva)

41 komentar:

  1. Kemaren yang komen "utang mulu" udah ada jawabannya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenyataannya Indonesia blm bebas dr utang
      Dr Sigid Kusumowidagdo, praktisi keuangan di Jakarta, mengatakan bahwa untuk tahun 2017, Pemerintah Jokowi-JK, harus kembalii berutang. Sekurangnya nilanya Rp 516 triliun. Ini baru utang dalam negeri loh. Belum lagi utang luar negeri nanti.

      "Anggaran pengelolaan utang sebesar Rp 221 triliun," ujar Ketua Badan Anggaran DPR Kahar Muzakir saat Rapat Paripurna DPR, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

      Ia menuturkan, anggaran pengelolaan utang itu terdiri dari Rp 205,4 triliun untuk membayar bunga utang dalam negeri dan Rp 15,7 triliun untuk membayar bunga utang luar negeri.

      Meski mengalokasikan anggaran Rp 221 triliun untuk membayar utang, pemerintah juga dipastikan akan menambah utang dalam rangka menutup defisit anggaran APBN 2017 sebesar 2,41 persen dari PDB atau Rp 330 triliun.

      AAPBN sebagian adalah dr hasil utang

      Hapus
    2. Sebagian utang digunakan untuk beli alutsista

      "Kalau lihat APBN kan ada pinjaman luar negeri, dan ada pinjaman dalam negeri. Ini biasanya untuk beli alutsista kalau di Kementerian Pertahanan," ungkap Robert kepada detikFinance, Jumat (9/10/2015)
      Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, utang luar negeri masih dibutuhkan untuk membeli alat utama sistem senjata (alutsista) Tentara Nasional Indonesia.
      Tidak ada yg salah dgn utang, selama penggunaanya tepat dan mendapatkan outcome yg sesuai dgn MEF..

      Hapus
    3. Amerika juga utangnya banyak malah lebih banyak dari Indonesia.
      Yang penting bisa bayar broo...😁

      Hapus
    4. Seluruh negara perlu hutang kecuali negara yang hanya mengandalkan GOD'S BLESSING seperti ARAB SAUDI . Dia tak perlu melakukan kegiatan added value terhadap hasil alam yang bisa langsung di export .Kirim keluar dan dapat duit . Baru -baru ini untuk pertama kalinya Saudi juga terpaksa berhutang karena devisit anggaran . Sebenarnya bisa tetap tak berhutang tapi konsekwensinya ,sasaran alokasi anggaran tidak tercapai .Tapi kerajaan memilih berhutang biar program tetap jalan sesuai rencana.
      Hutang negara umumnya jangka panjang dan berbunga rendah .ynag bahaya utang digunakan untuk konsumtiv dan di korupt .Sepanjang kita bisa menjaga ekonomi tetap berputar tidaK ada masalah tentu didukung kondisi yang kondusif .

      Hapus
    5. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    6. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. sri mulyani dulu dijaman SBY tukang potong anggaran TNI. SBY tidak kuasa memaksa SRI M yang lebih fokus pada kestabilan fiskal dan moneter .
    Di Zaman JOKOWI jangan coba menolak program presiden sebab yang ada adalah visi presiden bukan kementrian .Siapa yang tidak patuh langsung terlempar .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar Jokowow asbun..
      Hoii thn 2016 sama thn ini udah berapa yg disunat sama Mdm Sri..Emangnya si Jokowi sampai bujuk2 Mdm balik kenapa? Krn doi tahu kredibilitas Mdm Sri..ngk kaya' the rest of his team yg cuma Asbun aja kaya Jokowow macam loe

      2018 kondisi economic diperkirakan lebih baik..makane Mdm Sri mau kasih lebih..Mdm Sri digeser..he,he silahkan coba kalo ngk investors langsung pergi..Untungnya Jokowi masih ada otak..ngk kaya' Jokowow fans club kaya eloe yg udahlah Asbun..Tolol lagi..

      Hapus
    2. http://m.viva.co.id/berita/fokus/904368-apbn-kritis-pengeluaran-negara-terpaksa-dipangkas

      Hapus
    3. @antek barat ,nick ini memang cocok untuk anda yang memuja barat ,terbaca dengan istilah anda memanggil sri M dengan Mdm dan koment anda.
      Jadi kalau Sri M digeser investor pergi ? kesimpulan yang sangat dini .lu sekolah dimana yang ngajaran begitu ?Kita langsung ambruk kalau Sri M pergi?

      Inveastor yang penting bagi mereka stabilitas ekonomi dan politik.Maju mundurnya investasi ditentukan oleh kebijakan pemerintah bukan hanya dept keuangan . Tapi seluruh departement.
      Saya juga bukan pendukung jokowi buta ,yang baik akan saya dukung yang jelek menurut saya akan saya kritisi .
      @Muhammad Insan KG.
      what's you try to say ?
      Ya,pemotongan itu atas arahan presiden seperti disebutkan Sri.Artinya kontrol masih ditangan Presiden.

      Hapus
    4. Kalo loe geser si Mdm krn loe mau bikin anggran seenak perut loe..jelas investor ngk lihat kredibilitas loe..loe lihat berapa vanyak negara yg ditinggal investor karena ngk punya kredibilitas..

      Kelihatan loe sekolahan di kandang kuda..cuma bisa asbun..

      Hapus
    5. Ha..haa.yang bilang bikin anggaran seenaknya perut siapa?.
      Kamu nggak ngerti bagaimana anggaran disusun . Tiap departement nyusun anggaran kemudian diajukan ke BAPPENAS disana digodog dan disesuaikan dengan prroyeksi pemasukan negara . Menkeu hanya membagi bagi kue sesuai dengan perkiraan anggaran yang akan diterima .Kalau anggaran tidak mencukupi maka akan dipotong menkeu .Nah itu baru disisi pemerintah yang disebut RAPBN. Akan masih bisa dikoreksi dengan DPR baru kemudian ditetapkan jadi APBN. jalan masih panjang tergantung juga kondisi real sampai akhir tahun 2017ini.Namanya juga rancangan atau rencana .Sekarang siapa sebenarnya yang asbun?

      Hapus
    6. Wow, saya terkesan dengan komentar siapapun bung Antek. Kesan menyedihkan. Merasa pintar, tapi setiap katanya memaki....
      Dimanapun anda sekolah, bukankah guru kita tdk pernah mengajari memaki....??

      Hapus
    7. Hoii unknow asbun..emang jelas loe unknow..ngk ngerti apa apa..loe yg asbun mulai kalau Mdm Sri ngk bisa motong anggaran seperti jaman SBY di masa Jokowi pujaaan loe itu..

      Gw bilang Mdm Sri kalau untuk disiplin anggaran kalau harus morong yah motong..dan udah dia buktikan..ngapain eloe ngomongin proses anggaran..ngak ada urusan..

      Loe kalau asbun ketahuan bacot kosong..lah ngk usah ngeles loe..emang kelihatan loe unknow..alias ngk tahu apa2..asal asbun..

      Hapus
    8. Lu bego atau bodoh ?
      Mentri itu di bawah presiden makanya wajar dan harus patuh pada atasan .Siapa atasan mentri ya presiden bukan sebaliknya . Mentri itu kalau mau buat kebijakan harus lapor dulu ke presiden sebagai atasannya. Kamu kelas berapa ?.

      Yang kosong itu kamu karena hanya bisa marah -marah nggak jelas.

      Hapus
    9. Jadi inget menteri yang punya jurus rajawali ngepret...doi keblinger atau apa..
      Wakil presidenpun mau di ajak debat
      Ea di tendang akhirnya

      Hapus
  3. Semoga Heavy Frigate masuk kontrak... Semoga GBAD masuk kontrak.... Semoga heavy fighter dateeng.. AEW dateeng... Kilo/Scorpene Kontrak... Amiinn... Amiinnn. Semoga utangnya ngga nambah juga... hahaha

    BalasHapus
  4. Proyeksi indikatif 2018 .paling mencolok pagu anggran polri 76,5 triliun naik terus soal kinerja paling di sorot masarakat hanya mewakili antar golongan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar om sbentar lagi polri mo bli su-35, t-90 ama rudal yakun ato kalibr.

      tapi s400nya dibatalin om antiembalgo, kerna suriah maren masih kebobolan ame "tom-ahok" haha!
      fayah yach itu, masih ampuhan ciws 630 yg ente pasang di kepala haha

      Hapus
  5. Jangan pesimis bung,,,,maju dan jayalah Indonesia

    BalasHapus
  6. Utk menekan utang, menghemat devisa, dn menumbuhkan industri dlm bidang alutsista sebenarnya pemerintah sdh menyusun progran nasional pengembangan 7 alutsista yg meliputi produksi propelan (bahan baku roket), tank (medium), kapal selam, IFX (jet tempur), misil, roket dn fregate.
    Semoga arahnya tdk berubah dn bs tercapai satu per satu, Oh ya untuk misil kayanya perlu di evaluasi.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya 7 priortas utama itu tidak perlu di evaluasi tapi malah di pertajam .Kalau di evaluasi lagi dan menyesuaikan dengan visi pemerintah sekarang maka tak kan ada lagi program tot missile .Arahnya kini lebih cendrung mendayagunakan TNI sebagai sarana untuk melakukan pembangunan fisik infrastruktur.Padahal dinegara lain misi selain perang di nomor duakan .

      Hapus
    2. Dievaluasi maksd saya kn program misil c 705 ToT dgn China kayaknya jalan ditempat, makanya itu perlu di evaluasi kmbali supaya kita benar" bisa mandiri dlm pembuatan misil

      Hapus
    3. @Nenggolo B,setuju dengan anda ,tapi tipis harapan karena kita lebih fokus saat ini ke infrastruktur.

      Hapus
    4. Jalan di tempat karena berbagai alasan
      Lebih tepatnya intropeksi dulu
      Kajadiannya mirip TOT sigma dulu

      Hapus
  7. prasaan dari taon lalu kemenhan juara dech. knp judul gt yak.

    BalasHapus
  8. anggaran besar tapi gak beli apa2 blas rezim sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah di belikan RUBICON barang bagus itu...hihihi

      Hapus
  9. Rezim sekarang hanya akan ..akan Program system moderensasi alutsita tidak jalan mandek karna si tukang belli dan pemakai tni kadang tidak sejalan . Kata pak menhan buat apa belli senjata kita cari kawan , giliran belli heli angkut malah lewat pintu belakang ribut lagi lupa sejarah lupa tugas mereka emban kian tahun tambah berat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro saya setuju dgn anda soal "seperti ada masalah koordinasi antara kemenhan dan pengguna" tetapi apakah benar seperti yg saudara @suwandru katakan bahwa "tidak membeli apa2"?
      Setahu saya dalam berapa tahun belakangan belum ku dengar bahwa Kemenhan mengembalikan dana (yg tak terpakai).
      Oleh sebab itu bisa kah serta merta mengatakan bahwa kemenhan "tidak membeli/menggunakan anggaran yang ada sesuai peruntukannya dan menuduh rezim yang sekarang mandek dalam "modernisasi angkatan perang?"
      Sebab menurut hemad saya selama kemenhan belum terbukti mengembalikan uang anggaran untuk pembelian alutsista dan atau terbukti mengendapkan anggaran berarti semuanya masih berjalan sebagaimana semestinya.
      Hanya memang harus diakui bahwa Pak Menhan yang sekarang "sepertinya terlalu 'berhati2 mengeluarkan statement' malah dalam banyak kasus mengeluar statement yang membingungkan "kita" ini.
      So come on bro. Be Cool down

      Hapus
  10. Mana janji mu.......
    200 triliun untuk TNI.
    OMONG KOSONG !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan uda tong, dari anggaran taon lalu ama taon ini aja digabung dach lebih dari 200T!
      sini tung tung ttunggg...nach smoga lancar jaya sehat slalu yach haha!

      Hapus
  11. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  12. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

  13. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND

    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com
    🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧

    Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "


    BBM: D8E814FC


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah


    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))


    Allahu akbar

    BalasHapus
  14. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  15. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  16. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  17. Uwaga, nazywam się Tarja Giaska z Finlandii. Otrzymałem pożyczkę biznesową w wysokości 17000 euro od Leyla Rodriguez Prestamo Prestamista Plc. e-mail: (leylarodriguez9499@gmail.com) dzięki tej niezawodnej firmie pożyczkowej za pomoc.

    BalasHapus